Home » Meditation

Belajar Meditasi Dengan Teknik Meditasi Terbaik?

27 January 2009 9 Comments

Semua yang pernah belajar meditasi selalu mencari teknik meditasi yang terbaik. Terlepas dari benar atau tidaknya klaim dari penyelenggara kelas-kelas meditasi, secara langsung maupun tidak langsung kebanyakan klaim bahwa teknik meditasi merekalah yang “terbaik”. Ini sah-sah saja.

Teknik meditasi terbaik adalah teknik yang mendekatkan diri kita ke Sang Pencipta. Secara garis besar dapat disimpulkan semakin sedikit ego manusia yang dipakai untuk bermeditasi, semakin mudah bagi kita untuk dapat “menyatukan diri” dan kembali ke Sang Pencipta. Saya sendiri lebih suka teknik meditasi yang tanpa ritual, tanpa mantra, tanpa harus menggunakan simbol-simbol atau musik tertentu.

Teknik meditasi Love and Wisdom Meditation sangat saya sukai karena saya dapat melakukan meditasi tanpa perlu berepot-repot melakukan semua hal yang saya sebut diatas. Saya hanya perlu berdoa kepada Sang Pencipta, memohon perlindungan dan bimbinganNYA, and niatkan Anda berada di dalam Cinta Kasih Tanpa Pamrih. Pejamkan mata, tersenyum, santai pasrah…  Semudah itu.  Tidak perlu tempat khusus, waktu khusus, cara cara atau ritual khusus..

Teknik meditasi Love & Wisdom juga tidak memerlukan posisi khusus, Anda hanya perlu duduk santai. Jika memang bersila membuat Anda santai, silahkan bersila. Namun bagi mereka yang kurang begitu nyaman bersila, cukup duduk santai dan diusahakan tidak bersandar. Teknik ini juga tidak mengharuskan Anda memusatkan pikiran kepada suatu objek tertentu atau mengucapkan mantra-mantra.  Jika mengucapkan nama Sang Pencipta dalam agama dan kepercayaan Anda masing-masing dapat menenangkan Anda, lakukanlah.

Bagaimana jika pikiran anda kemana-mana dan konsentrasi Anda buyar? Seperti saya katakan tadi, Anda tidak perlu berkonsentrasi sama sekali. Jadilah “penonton” yang baik dan amati pikiran-pikiran Anda yang berlari kesana kemari, tanpa terlibat di dalamnya. Lakukanlah seperti Anda sedang menonton sebuah pertunjukan atau film yang menarik, Anda tidak dapat masuk ke dalam film tersebut bukan? Nikmatilah pertunjukan ini, atau bahasa gaulnya Enjoy Aja….   :-)

Belajar meditasi memang banyaksekali pilihannya, tetapi pilihlah yang sesuai hati nurani anda dan pastikan yang Anda pilih mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Selalu awali dan akhiri dengan doa menurut agama dan kepercayaan Anda masing-masing.

9 Comments »

  • puji hastuti said:

    saya pernah belajar meditasi dgn seorang guru selama 4x pertemuan, dan saya merasakan manfaatnya, karena sesuatu hal tidak saya lanjuti. yg ingin saya tanyakan, apakah meditasi dpt dilakukan tanpa didampingi seorang guru? (hanya dengan membaca buku saja?)

  • muslik said:

    kinerja pikiran

  • huang min said:

    informasi yg bagus… thanks atas info nya!

  • hart said:

    saya cuman ingin tanya begini : apakah meditasi sama dengan melamun ? soalnya saya sudah coba untuk konsentrasi tapi pikiran nya melayang-layang ga tau kemana jadi bagaimana cara nya fokus klo pikiran kita kemana-mana jadi seolah-olah sedang melamun.
    dan keuntungan2 apa yang bisa kita peroleh dengan melakukan meditasi ?
    thanks

  • genkin said:

    sebenarnya gampang untuk melatih konsentrasi pada saat meditasi. Caranya sangat simple dan bermanfaat. Cukup dgn menghitung dari 1 sampai 10 atau sampai 100 dan sebaliknya menghitung mundur dari 100 atau 10 ke 1. Jika dilatih dan dilakukan berulang-ulang, mudah2an konsentrasi bisa tercapai. Ini merupakan langkah awal melatih konsentrasi saat meditasi. Mudah2an tips ini bermanfaat.

  • Rio said:

    Cara mudah dlm meditasi. Baca doa dulu, arahkan apa tujuan meditasi anda?..mulai duduk santai dilantai tanpa alas. Boleh bersila dan menghadap kemana anda suka,pejamkan mata. Tarik nafas perlahan,keluarkan perlahan..masuki alam bawah sadar(seperti ngantuk)…ikuti dg nafas teratur dan santai.

  • Agus said:

    Nice share Gan..

    akan ku coba untuk belajar meditasi

  • kadek sugiantara said:

    pakkkk saya setip hari seling gelisah ketika memperhatikan orang meninggal inget lahhh saya ,,dgn gelagat mereka dan serasa perasaaan sama terjadi dgn saya …. tiap inget saya selalu ingat dgn TYME dan mencoba bermeditasi dgn belajar lewat internet…. tapi kok perasaaan itu sering muncul yg membuat hati ini gelisah dan takut akan kematian itu bagaimana seharusnya saya belajar meditasi ini pakkk apa mungki ada kekuatan lain yg mempengaruhi saya misal mejic, atau teluh ….bagaimana sikap meditasi yg baik itu pakkk , dan berapa kali harus kita lakukan …..

  • kadek sugiantara said:

    saya baru di meditasi ini ,,, klo mau belajar meditasi itu kita mengosongkan pikiran atau apa mohon penjelasan….

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

This site uses KeywordLuv. Enter YourName@YourKeywords in the Name field to take advantage.